Monday, February 18, 2013

BritZone English Club

BritZone Official Logo

     Indonesia, salah satu negara di dunia yang masih sering bermasalah dengan pendidikan warganya. Tak terkecuali pendidikan tentang sastra bahasa, khususnya Bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa internasional. Saya sangat kagum dan masih belum mengerti betul mengapa bisa bahasa Inggris menjadi sebegitu mendunianya.
     Tak dipungkiri lagi, kita sangat membutuhkan kecakapan dan kekayaan kosa kata bahasa Inggris di tengah berbagai kemajuan aspek kehidupan di dunia. Indonesia yang memang bukan hasil dari tangan orang Inggris juga sepatutnya menguasai bahasa tersebut supaya bangsa Indonesia tidak tertinggal oleh negara lain dalam hal kemodernan gaya hidup yang positif.
     Seakan menjadi hal yang tabu, bahasa Inggris sangat sulit mendapatkan wadah untuk mengekspresikannya secara bebas. Bukan berarti tidak didukung oleh lingkungan setempat, hanya di wilayah-wilayah tertentu masih banyak orang-orang tua yang menganggap bahasa Inggris adalah bahasa yang "tinggi" dan tidak pantas untuk menjadi bahasa utama dalam kehidupan bermasyarakat.
 Memang, bukan bermaksud menghilangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, akan tetapi seperti yang sudah tersebut di atas bahwa semua warga dunia butuh bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi yang efektif jika sedang berada di berbagai penjuru negeri, terutama bagi kaum pelajar dan pebisnis yang melebarkan sayapnya menuju kancah internasional.
     Masih rendahnya sistem kurikulum bahasa Inggris di berbagai sekolah, menjadi salah satu penyebab mengapa masyarakat Indonesia masih banyak yang asing dengan percakapan bahasa Inggris. Yang terjadi di berbagai sekolah adalah sejak duduk di sekolah dasar, kurikulum yang diajarkan sangat sempit dan hanya pengulangan di jenjang-jenjang setelahnya, di SMP, SMA bahkan hingga bangku perkuliahan di jurusan yang tidak fokus ke minat bahasa. Di pendidikan formal biasanya hanya mengajarkan berbagai rumus-rumus  seperti simple present tense, simple past tense, present continuous tense, present perfect tense, present future tense dan tenses lainnya. Pengenalan dini terhadap bahasa Inggris sangat dibutuhkan sebaga pendamping kurikulum yang diberikan dari sekolah, seperti pengenalan terhadap percakapan tingkat lanjut, penggunaan dalam lingkup bisnis dan yang terpenting adalah melatih keberanian berbicara bahasa Inggris di depan umum atau lebih dikenal dengan istilah public speaking. Hal ini lah yang jarang ditemukan di berbagai sekolah umum, sehingga siswa menjadi kurang percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris di depan umum setelah terjun ke dunia yang sebenarnya. Merasa malu, salah penggunaan kata, salah penggunaan tenses dan perasaan lainnya yag bisa timbul.
     Padahal, selain berfungsi sebagai penyambung maksud tertentu antara dua orang, bahasa Inggris juga kerap digunakan dalam berbagai teknologi terkini. Jika masyarakat Indonesia tidak mengerti apa yang diinginkan oleh teknologi, maka saat itu juga lah masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang tertinggal teknologi. Komputer, televisi, handphone, alat dapur dan perangkat lainnya yang menggunakan bahasa Inggris dan mereka adalah penyokong hidup manusia di masa kini.
     Untuk itulah diperlukan sebuah wadah khusus dimana orang-orang bisa mengungkapkan apa yang mereka ingin ungkapkan tentang dan dalam bahasa Inggris, yang seperti kita tahu bahwa masih jarang komunitas-komunitas yang mengusung misi tersebut. Bahkan sekelas tempat-tempat kursus ternama pun belum mampu melahirkan generasi yang berani melakukan public speaking, hanya memberikan teori-teori yang sepadannya sudah didapatkan oleh anggotanya di bangku sekolah.
     Dan beruntungnya, sudah sekian tahun Indonesia, khususnya Jakarta telah tersedia satu wadah ekslusif untuk melatih keberanian ber-public speaking, bukan hanya memberikan teori. Mau tahu?
     Yap, BritZone English Club. Didirikan pada tahun 2003 yang merupakan (bisa dibilang) penerus dari British Council, BritZone menjadi salah satu tempat paling efektif untuk melatih dan mengasah kemampuan public speaking bagi mereka yang tertarik. Terletak di kawasan strategis Sudirman (Kementerian Pendidikan dan Budaya, Senayan) yang memudahkannya untuk ditemukan, persisnya ada di Perpustakaan Kemendikbud Lantai 1 Gedung A. Tidak dipungut biaya sepeserpun, namun karena ia adalah lembaga independen tanpa sokongan dana dari pemerintah, maka di setiap akhir sesinya akan ada BZ BOX yang senantiasa berkeliling anggota untuk menyumbangkan donasi sukarelanya sebagai penyokong berjalannya berbagai aktifitas di BritZone.
Newcomer, please introduce yourself!
(Suasana saat kelas di luar ruangan)
     BritZone memiliki 3 jadwal dalam seminggu, adalah setiap Selasa dan Rabu jam 6.30 s/d 8 malam dan pada hari Sabtu jam 11 s/d 1 siang. Suasana kelas yang ramai, hangat dan interaktif serta didukung oleh berbagai topik yang menarik, menjadi penambah semangat dalam ikut serta berbicara. Setiap topiknya akan dipandu oleh seorang fasilitator yang disebut sebagai conductor, yang akan membicarakan hal-hal yang umum dan yang unik kepada para anggota.
You-know-who, as the conductor


   Menjadi fasilitator bukanlah sebuah kewajiban, hanya sebuah pilihan. Menjadi conductor akan otomatis terus mengasah kemampuan dan keberanian kita berbicara bahasa Inggris didepan khalayak ramai. Sangat disayangkan jika anggota yang mahir berbicara bahasa Inggris, bersifat interaktif, sudah bergabung disini namun tidak mengaplikasikannya di BritZone sebagai conductor, sekalian juga saling berbagi ilmu kepada anggota yang notabene juga berasal dari berbagai elemen masyarakat; siswa, mahasiswa, karyawan, pegawai negeri, ibu rumah tangga dan lain sebagainya.
You-know-who, as the conductor

     Bukan hanya kelas interaktif di tiap minggunya, juga jika ada kesempatan BrtiZoners (sebutan untuk anggota BritZone) akan melakukan outing trip ke wilayah tertentu selama beberapa hari, menambah keakraban dari setiap anggotanya (sayang, saya belum pernah ikut outing).
     
Peta strategis BritZone English Club
(Kotak kuning pada peta)
 Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah bergabung dengan kami disini, kita belajar dan berbagi bersama tentang apa yang kita pahami tentang bahasa Inggris. Dijamin tidak akan menyesal :). Kami tunggu di setiap Selasa, Rabu dan Sabtu di jam-jam tersebut di atas ya, di tempat yang sama tentunya :)

 Tertarik? Bisa datang langsung aja ke Perpustakaan Kemendikbud Senayan!

*(sumber : Rina Kurniawati, BritZone Facebook Group | 2013)


BRITZONE ARE : FRIENDLY AND WELCOMING - COZY - INTERACTIVE - INSPIRING


Facebook group :  BritZone
Twitter : @BritzoneID
And find out more here : BritZone English Club

Tags : English Club Jakarta, Public Speaking, Improve Speaking Skill, Free English Club.

No comments:

Post a Comment