Wednesday, February 20, 2013

ABSTRAK, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI | SKRIPSI | ABDUS SOMAD | 108053000021 | EVALUASI PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI OLEH DIREKTORAT JENDERAL PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMROH KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2010-2011


ABSTRAK

ABDUS SOMAD, NIM 108053000021
Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji oleh Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2010 dan 2011
Di bawah bimbingan : Drs. Hasanuddin Ibnu Hibban, MA

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang merupakan sebuah fenomena religius akbar yang terjadi setiap tahunnya. Sejak tahun 1949, pemerintah Indonesia mulai melakukan pemberangkatan perdana jamaah haji Indonesia ke tanah suci. Namun dari tahun ke tahun masih mengalami berbagai macam hambatan teknis yang sampai tahun 2010 dan 2011 pun masih banyak tercatat kekurangan selama penyelenggaraan ibadah haji (PIH).
Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Ditjen PHU) selaku satu-satunya pemegang tampuk kuasa pelaksana ibadah haji reguler, tentunya tidak hanya berpangku tangan dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Ada beberapa ketetapan atau standar pelaksanaan ibadah haji yang maksimal, hanya saja penerapan untuk tahun 2010 dan 2011 yang masih belum sepenuhnya baik.
Untuk itu penulis mengangkat penelitian tentang evaluasi penyelenggaraan ibadah haji dan difokuskan di tahun 2010 dan 2011, dengan maksud membuat perbandingan antara kedua tahun tersebut dan menjadikannya sebagai salah satu sumber informasi yang bermanfaat untuk publik tentang alur evaluasi selama proses (PIH). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik wawancara dan pengambilan dokumentasi berupa data atau laporan tertulis.
Dari hasil penelitian penulis mendapatkan beberapa temuan, diantaranya mengetahui beberapa tahapan dalam pengelolaan PIH yang dilakukan oleh Ditjen PHU Kemenag RI dan juga gambaran semua aspek PIH serta langkah penanganannya oleh pemerintah pada tahun 2010 dan 2011 yang masih tak lepas dari beberapa hal klasik, serta mengetahui apa saja aspek yang dilakukan evaluasi secara spesifik oleh Ditjen PHU yang sudah diaplikasikan pada PIH tahun 2011 dan 2012 serta tahun-tahun berikutnya.

Kata kunci : Haji, Evaluasi, Pengawasan.



KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang masih tetap setia memberikan segala petunjuk menuju dunia yang diridhoi-Nya. Sholawat dan salam selalu dijunjungkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah dan akan selalu memberikan syafa’at kepada kaum Muslim dunia.
Alhamdulillah, empat tahun penulis berjuang melawan banyak godaan untuk menuntut ilmu dijalan Allah. Canda, tawa, suka dan duka selalu menjadi penyemangat jalannya hidup. Kini semua akan meninggalkan penulis namun akan menjadi sebuah goresan tinta kehidupan yang tak akan pernah penulis lupakan. Segala usaha dalam penyelesaian skripsi ini yang pada awalnya berjudul “Evaluasi Aspek Kesehatan Penyelenggaraan Haji oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI tahun 2011” namun karena keterbatasan data secara spesifik,maka penulis berinisiatif dan juga atas saran dari pihak terkait untuk membahasa secara luas tentang “Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji oleh Direkotrat Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI tahun 2010 dan 2011”. Terima kasih penulis hanturkan kepada segenap pihak atas terselesaikannya skripsi ini,antara lain:
1.      Dr. Arief Subhan, MA selaku dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi dan para jajarannya, kepada Drs. Cecep Castrawijaya, MM selaku ketua jurusan Manajemen Dakwah dan kepada H. Mulkannasir, BA, S.Pd, MM, selak u sekretaris jurusan Manajemen Dakwah.
2.      Prof. Dr. Murodi,MA selaku penguji I dan Drs. Sugiharto, MA selaku penguji II yang telah memberikan banyak masukan untuk penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
3.      Drs. Hasanuddin Ibnu Hibban, MA selaku dosen pembimbing. Terima kasih juga atas semua ilmu yang telah bapak berikan.
4.      Segenap Bapak dan Ibu dosen Manajemen Dakwah 2008-2012, terima kasih atas segala ilmu yang telah diajarkan selama ini. Semoga masih akan terus bermanfaat untuk penulis dalam menghadapi dunia yang nyata.
5.      Kedua orang tua penulis, (alm) KH. Sabilar Rosyad dan Hj. Muhani. Kasih sayangmu tak dapat penulis ungkapkan melalui kata-kata dalam skripsi ini, tak terhitung berapa jumlah kalori yang kau bakar hanya untuk memberikan yang terbaik untuk penulis.
6.      Kakak, adik dan abang ipar penulis: Ummu Afifah, Halimatussa’diyah, Rosmaliah, Siti Anshoriyah, Rosianah dan Damanhuri yang selalu memberikan warna dalam kehidupan penulis. Tak lupa kepada kedua keponakan tersayang, Muhammad Afif Hadzami dan Ahmad Fathir Sabili, semoga Allah menjaga kalian semua dalam ridho-Nya.
7.      Staf Perpustakaan FIDKOM dan Perpustakaan Utama yang telah memberikan kemudahan dalam bertransaksi buku yang selama ini penulis butuhkan dan tentunya atas koneksi WiFi-nya yang selalu penulis gunakan.
8.      Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh selaku narasumber untuk penelitian ini, khususnya kepada Bapak Abdul Muhyi selaku Kasubbag Tata Usaha Pelayanan Haji dan jajarannya, kepada Bapak Abdurrazak Al Fakhir selaku Kasubbag Tata Usaha Direktorat Pengelola Dana Haji, dan kepada segenap staf dari Bagian Perencanaan dan Keuangan.
9.      Kawan-kawan senasib dan tersayang dari Manajemen Dakwah 2008 ; Dian, Sidiq, Tika, Anis, Dito, Reza, Andre, Ipin, Hilman, Ibnu, Abid, Husin, Niam, Fini serta teman-teman MD A dan B yang lainnya. Juga kepada teman-teman Manajemen Dakwah UIN Suska Riau yang terus memberikan semangat kepada penulis, khususnya kepada Pipir Romadi dan Andrika Saputra. Serta tak lupa kepada teman-teman seperjuangan; Marisa, Nazhofah, Riri dan Fathur.
10.  Adik-adik kelas di FIDKOM UIN Jakarta,khususnya kepada adik-adik kelas di Manajemen Dakwah dan Manajemen Haji Umroh; Ajeng, Yudho, Yudi, Wahyu dan lainnya. Terima kasih selama ini kita telah berbagi segala apa yang kita ketahui. Semoga kalian segera lulus memuaskan.
11.  Segenap kawan-kawan dari : Himpunan Mahasiswa Islam, BEM Manajemen Dakwah, Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi, Forum Komunikasi Mahasiswa Manajemen Dakwah se-Indonesia, Sekolah Politik Kerakyatan Komunitas Indonesia Baru (SPK KIBAR) dan rekan-rekan Britzone English Club.
Jakarta, 07 Januari 2013

Penulis
DAFTAR ISI
ABSTRAK ……………………………………………………………………..  i
KATA PENGANTAR …………………………………………………………  ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………..  v
BAB I.                        PENDAHULUAN ……………………………………………..  1

A.    Latar Belakang Masalah ……………………………………. 1
B.     Pembatasan dan Perumusan Masalah ………………………  7
C.     Tujuan dan Manfaat Penelitian …………………………….. 8
D.    Metodologi Penelitian ……………………………………… 9
E.     Tinjauan Pustaka …………………………………………… 13
F.      Sistematika Penulisan ……………………………………… 15
BAB II.           LANDASAN TEORITIS ……………………………………..  17

A.    Teori Evaluasi ……………………………………………… 17
1.      Pengertian Evaluasi ……………………………………. 17
2.      Proses Evaluasi ………………………………………… 19
3.      Desain Evaluasi ………………………………………... 20
B.     Penyelenggaraan / Pelaksanaan (Actuating) ……………….. 21
1.      Pengertian dan Dasar Hukum Pelaksanaan ……………. 21
2.      Elemen Pelaksanaan …………………………………… 22
3.      Langkah-Langkah Pelaksanaan ………………………... 24
C.     Ruang Lingkup Ibadah Haji ……………………………….. 24
1.      Pengertian, Macam, Syarat, Rukun, Wajib dan Sunnah Haji ………………………………………………………..… 24
2.      Larangan Selama Ibadah Haji dan Denda (Dam) ….….. 29
3.      Unsur-Unsur Penyelenggaran Ibadah Haji ……………. 31
BAB III.         TINJAUAN UMUM DIREKTORAT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMROH KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA …………………………………………….…….. 34

A.    Sejarah Singkat Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Ditjen PHU) ……..………………………………… 34
1.      Penyelenggaraan Haji Pasca-Kemerdekaan ……………. 34
2.      Penyelenggaraan Haji Masa Orde Baru ………............. 35
3.      Penyelenggaraan Haji Pasca-Orde Baru ……………….. 37
B.     Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Ditjen PHU) …………………………………………...…………………. 38
BAB IV.         HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………………. 45

A.    Deskripsi Penyelenggaraan Ibadah Haji (PIH) Indonesa Tahun 2010 ………………………………………………………… 45
B.     Deskripsi Penyelenggaraan Ibadah Haji (PIH) Indonesia Tahun 2011 ……………………………………………………….. 48
1.      Kuota Haji 2011 ………………………………………. 48
2.      Pemberangkatan (Embarkasi) dan Transportasi Udara .. 50
3.      Pemondokan ………………………………………….... 51
4.      Katering Haji ………………………………………….. 52
5.      Transportasi Darat (Armada Bis) ……………………... 53
6.      Kesehatan ……………………………………………… 53
7.      Keamanan dan Perlindungan Jamaah Haji ……………. 54
8.      Pemulangan (Debarkasi) ………………………………. 54
C.     Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji oleh Direktorat Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2010 dan 2011 ………………… 55
1.      Sosialisasi Pendaftaran ………………………………... 60
2.      Pemberangkatan (Embarkasi) dan Transportasi Darat ... 62
3.      Keamanan dan Perlindungan Jamaah Haji ……………. 63
4.      Katering Haji ………………………………………….. 64
5.      Pemulangan (Debarkasi) ………………………………. 65
6.      Dana Abadi Umat (DAU) ……………………………… 65
D.    Analisis …………………………………………………….. 67
BAB V.           PENUTUP …………………………………………………….. 71

A.    Kesimpulan ………………………………………………… 71
B.     Saran-Saran ………………………………………………... 73
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

No comments:

Post a Comment